Memaknai Sholat (menjadikan sholat menjadi lebih berarti)


Sholat
Sholat

Sholat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan Allah dan nantinya akan menjadi amalan pertama yang dihisab di antara amalan-amalan manusia serta merupakan akhir wasiat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sebagaimana disebutkan dalam sabdanya: “Sholat, sholat dan budak-budak yang kamu miliki.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

Sholat merupakan kewajiban mutlak yang tidak pernah berhenti kewajiban melaksanakannya sekalipun dalam keadaan takut, sebagaimana firman Allah Ta’ala menunjukkan: “Peliharalah segala sholat(mu), dan (peliharalah) sholat wustha. Jika kamu dalam keadaan takut (akan bahaya), maka sholatlah sambil berjalan atau berkendaraan. Kemudian apabila kamu telah aman, maka sebutlah Allah (sholatlah) sebagaimana Allah telah mengajarkan kepadamu apa yang belum kamu ketahui.” (QS. AL-baqarah : 238 – 239).

Sholat merupakan salah satu rukun Islam setelah syahadatain. Dan amal yang paling utama setelah syahadatain. Barangsiapa menolak kewajibannya karena bodoh maka dia harus dipahamkan tentang wajibnya sholat tersebut, barangsiapa tidak meyakini tentang wajibnya sholat (menentang) maka dia telah kafir. Barangsiapa yang meninggalkan sholat karena menggampang-gampangkan atau malas, maka wajib baginya untuk bertaubat kepada Allah.

Untuk memaknai setiap sholat yang kita lakukan harusnya kita tahu apa tujuan dari sholat yang kita lakukan. Selain tahu tujuan sholat, kita juga perlu tahu sholat yang benar yang sesuai dengan tauladan Rasulullah. Sholat merupakan bentuk kasih sayang Allah terhadap manusia yang ingin mengaduh kepadaNya. Sarana bagi kita untuk dapat berkomunikasi denganNya, Allah tuhan semesta alam. Bagaimana kita bisa kita memaknai sholat kita jika kita sendiri tidak tahu arti dari setiap bacaan sholat. Oleh karena itu, sejak sekaranglah mari kita belajar bersama (saya juga masih belajar :p ) untuk memberi makna pada setiap sholat kita. Dengan mengetahui makna dari setiap yang kita lafadkan dalam sholat, Insya Allah sholat kita akan diterima dan memberi ketenangan pada hati kita.

Ada dua ebook yang akan saya share buat temen2 skalian. Ebook Sholat Nabi berisi tata cara sholat nabi dan juga berbagai hal yang berhubungan dengan sholat seperti wudhu, mandi besar, tayamum, pengertian sholat, dzikir setelah sholat, dll. Sedangkan pada ebook arti bacaan sholat berisi arti2 bacaan sholatsetiap lafadz yang kita ucapkan.
Berikut ini ada ebook tentang tata cara sholat nabi dan juga ebook arti bacaan sholat yang dapat saudaraku sesama muslim download.

makna bacaan sholat.zip
Sholat Nabi.rar

Dengan kaitkata , , ,

5 thoughts on “Memaknai Sholat (menjadikan sholat menjadi lebih berarti)

  1. hadi prasetyo mengatakan:

    mantap bro.. I like it..

  2. alanst.wordpress.com mengatakan:

    terima kasih , semoga kebaikan mas di balas oleh allah swt .. amin

  3. feriyulinanto mengatakan:

    izin menyebarluaskan kebaikan ini ya mas.. jazakallah, Wassalamualaikum

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: