segmentasi citra menggunakan Statistical Region Merging (SRM)


Segmentasi adalah proses membagi citra menjadi daerah-daerah yang terpisah, dimana piksel dalam satu region memiliki nilai yang homogen. Misalkan I merupakan citra dan H mendefinisikan predikat keseragaman. Segmentasi dari I adalah partisi P dari I menjadi sejumlah N set region R1, R2, …,RN

Metode segmentasi terbaru yang lebih cepat dan mengurangi biaya komputasi, yang dikembangkan untuk segmentasi citra berwarna yaitu Statistical Region Merging (SRM). Metode ini sejenis dengan teknik region growing and mergin. Pada region growing, region adalah kumpulan piksel yang homogen dan secara iterasi merupakan hasil gabungan dari region yang lebih kecil.

Nah, tu dia algoritmanya, sedangkan berikut ini diagram alurnya….

Pada tahapan ini dilakukan segmentasi pada citra inputan. Segmentasi dilakukan menggunakan metode statistical region merging. Diagram alir segmentasi berdasarkan metode SRM dapat dilihat pada gambar 4.2. Parameter yang diperlukan adalah Q yaitu kompleksitas segmentasi.

jadi secara singkatnya begitu…, kalo yang mau minta paper tentang SRM atau source code-nya silakan comment di sini ato kirim email ke eko_anion@yahoo.co.id mudah2an bisa membantu…🙂

Dengan kaitkata , , , , , , , , ,

53 thoughts on “segmentasi citra menggunakan Statistical Region Merging (SRM)

  1. luqman mengatakan:

    maaf mas , boleh bagi paper atw source code nya ?
    ^^

    ada pertanyaan jg nih mas … kalau hanya untuk memisahkan satu komponen warna saja … misalnya hijau … enaknya menggunakan metode yg seperti apa y mas ?

    • Eko Suwono mengatakan:

      iya, ada paper asli sama source-code yang ta buat sendiri, klo dari paper SRM pake C, klo aq pake’ matlab.

      iya, tiap region pada citra nya itu udah dikasih id jadi terpisah2 berdasarkan id nya. klo cuma mau ambil sebagian region juga bisa.

      klo mau kirim aj alamat email kamu ke eko_anion@yahoo.co.id.
      ntar ta kirimin…
      klo mau tanya2 aq ada YM sama kyk email di atas.

    • enyo mengatakan:

      ada refrensi tentang traffic ligth?

  2. onnosz mengatakan:

    wah, ilmu-ilmu statistik udah lupa nih. padahal dulunya tidak tahu.hehehe

  3. diana mengatakan:

    maaf mas aq mau tanya ada ga paper tentang aplikasi deteksi wajah pada foto pake template matching yg programx pake matlab n kalo ble tau sourcecode kaya ap.thnkaz b4…..

  4. dilianti mengatakan:

    maw tanya, apa beda antara statistical region merging dengan algoritma region merging?? tolong dijelaskan ya mz.. mkasih

    • Eko Suwono mengatakan:

      klo SRM itu turunannya region merging, secara konsep sama dengan region merging yaitu menggabungkan region2 yang berdekatkan jika threshold terpenuhi. nah, jadi yang membedakan cuma penentuan thresholdnya saja. klo SRM pake’ yang namanya rumus statistik, dipapernya ada rumus penurunannya. SRM lebih rumit klo menurut saya, karena perhitungan thresholdnya butuh parameter macem2.

  5. anas mengatakan:

    mas, kalau boleh bisa dikirimi paper2 yg berkaitan dengan SRM ini mas, sy sangat tertarik untuk aplikasi wound image. boleh tahu alamat darat and no hp mas. trims.

  6. ahsan mengatakan:

    asslmkm mas, metode ni klo d gunakan tuk pemisahan huruf pada pengenalan plat nomer bs lebih cepet ngga?

  7. badrun mengatakan:

    mas tolong kirimin paper dan source codenya ke alamat email saya ya? thanks

  8. yuyun mengatakan:

    mas,,saya maw juja source codenya,,,, terutama pengenalan karakter,,,,,
    darurat niii….. please y kirim k emailqq

  9. Rahmad mengatakan:

    Mas….boleh saya minta source code SRM nya……? Kalo boleh yg object detectionnya juga…..buat belajar………makasih sebelumnya mas……..

  10. Andre mengatakan:

    mas saya tolong kasih source code nya+paper… thx b 4

  11. daslin mengatakan:

    mas blh saya boleh bagi paper atw source code nya ? mohon bantuanya ya mas

  12. Ahmad Sutanto mengatakan:

    Mohon dikirimkan paper dan source code tentang segmentasi SRM ke email saya. Terima kasih atas bantuan Anda.

  13. icha mengatakan:

    Mas, bisa minta kodingnya????
    Makasih sbelumnya….

  14. lipin mengatakan:

    saya tertarik mz….
    bsa gak mz kirim paper beserta source code nya mz….
    kalau ada yang tentang image prosesing juga mz….
    ada tugas nh…..
    email ke nurholifxxxxx@gmail.com

  15. herman mengatakan:

    kirim email mas source codenya ke hr.m4nt@gmail.com
    terimakasih..

  16. Mas sya menggunakan java untuk srm,,punya source codenya nggk. saya minta tolong juga kirim ke email bank ya indra.infxxxxx@gmail.com

  17. alvin mengatakan:

    boleh mas minta paper dan source codenya,
    bisa tolong di kirim di muhammad.alvxxxxx@gmail.com

    terima kasih

  18. endi permata mengatakan:

    Mas….boleh saya minta source code SRM nya berikut papernya……?saya ingin membandingkan dengan region merging…trims ya mas

  19. Sempol mengatakan:

    Klo boleh, tolong kirim source code nya mas. ni almt email saya : sempoxxxxx@gmail.com

  20. Riand mengatakan:

    Mas sayah juga minta dikirim ya mas ke email sayah, buat nambah-nambah bahan TA mas .. Terima Kasih … riand.xxxx@gmail.com

  21. karima mengatakan:

    Mas saya juga mintasource codenya ya…
    kirim ke lita_xxxxx@yahoo.co.id
    kalau ada yg menggunakan bahasa C++ jg dikirimkan ya mas
    terima kasih..

  22. sintia mengatakan:

    mas saya boleh minta source code srm nya? tolong kirim ke email saya yah chintya.xxxx@yahoo.com terimakasih sebelum nya🙂

  23. muthya mengatakan:

    mas bisa mnta source codenya.. email sy: mutmainnahm@yahoo.co.id
    tolong ya.. makasi sbelumnya

  24. enyo mengatakan:

    mas aku mahasiswa sedang nyusung tentang pengelohan citra trus aku ambil metedo GLOBAL CONTOUR SHAPE (GCS) Proses segmentasi dilakukan menggunakan metode statistical region merging (SRM). maslahx tugas akhir aku tentng menghitung jumlah volume kendaraan pada traffic ligth menggunakan matlab, apa mas mempunya refrens tentang itu.
    makasih.
    email aku nirwang017@gmail.com

  25. Via mengatakan:

    maaf mas..
    mau tanya..klo yg tentang segmentasi citra menggunakan metode p-tile dan iterasi ada gak ya paper maupun source code’y????makasih sebelumnya

  26. edwin mengatakan:

    mas.. bs minta tolong kirimin mas.. saya sedang ada tugas untuk mendeteksi warna pada dokumen seperti word, pdf, jpg, untuk mengenali adanya warna atau hitam putih.. email aku edwindjuwono@yahoo.com

  27. hariel mengatakan:

    Mas sy mnta tolong..
    ada source code untuk pengenalan plat kendaraan??
    tolong kirim ke email sy ya mas.
    khairilupi@gmail.com

  28. Ahmad Sutanto mengatakan:

    Salam kenal..
    Saya Ahmad..
    Wah terdengar sangat menarik… Bolehkah saya meminta source code matlab Statistical Region Merging ( SRM )punya mas Eko dan juga tulisan yang berkaitan tentang SRM… Oh ya sekalian mau tanya apakah bisa diterapkan pada citra yang mempunyai multichanel ( lebih dari 3 band ) ?

    email saya : sutanto_ahmad@yahoo.com

    Terima kasih atas perhatian mas Eko

  29. nilma mengatakan:

    saya mau minta pendapat mas eko, judul TA saya ( pengenalan pola terhadap tanaman anggrek menggunakan JST” saya bingung mas penggunaan metode yang mudah dalam matlab,,, mohon referensinya,, makasih sebelumnya,, oia ini email saya nilmainel@ymail.com

  30. aril mengatakan:

    saya lagi nyusun tesis tentang segmentasi region plat nomor. saya rasa artikel diatas bisa di jadikan referensi yg bagus. mohon bantuannya kirim paper & code ke email arieldcc@gmail.com

    terimakasih.

  31. ferry mengatakan:

    Mas boleh minta paper & cedenya, buat referensi tuigas akhir mas ke ferry.at03@gmail.com

  32. Ariep Soelaiman Setiadi mengatakan:

    Mas nama saya ariep soelaiaman setiadi, sekarang lagi mencari referensi TA tentang segmentasi, kalau boleh minta dikirimi paper dan source code “segmentasi-citra-menggunakan-statistical-region-merging-srmya” ke email saya mas andreasoe666@yahoo.co.id / ariepsoelaiman@gmail.com, terima kasih sebelumnya mas🙂

  33. azizalwaaziz mengatakan:

    Mas saya boleh minta paper serta sourcenya.

    Email saya myazizalwa@gmail.com. Thanks ya

  34. Dzi mengatakan:

    salam kenal eko,,,minta bantunya donk kirimin source code segmentasi dengan metode apa aja pake matlab. coz q lg blajr, pengen bandingin hasilnya
    ni emailq irul.dzi@gmail.com

  35. Vinny Rosita mengatakan:

    mas, maaf..
    minta source code dan papernya.. kebetulan saya lagi buat segmentasi citra satelit buat menentukan luas daerah..
    email saya ya mas ke vinnybintari@gmail.com

    terima kasih mas…

  36. ardy mengatakan:

    Mas saya boleh minta paper serta sourcenya, buat referensi
    email : ardiandian21@yahoo.co.id

  37. bung itoels mengatakan:

    Sip..bisa buat referensi
    Mas saya boleh minta paper serta sourcenya. ya suwun
    kirim ke slamsjbr@gmail.com

  38. memo mengatakan:

    pagi mas…

    boleh minta Perhitungan Metode Statistical Region Mergin (SRM) nya, kalo boleh minta tolong send lewat email aj ya mas, memoteshia@gmail.com atau yenibeing@gmail.com

    thanks

Tinggalkan Balasan

