Elemen-elemen Citra Digital


Citra digital mengandung sejumlah elemen-elemen dasar. Elemen-elemen dasar inilah yang dimanipulasi dalam pengolahan citra. Elemen-elemen dasar yang penting diantaranya adalah sebagai berikut :

Kecerahan (brightness)

Kecerahan disebut juga sebagai intensitas cahaya. Kecerahan pada suatu titik (piksel) di dalam suatu citra sebenarnya adalah intensitas rata-rata dari suatu area yang melingkupinya.

 Kontras (contrast)

Kontras menyatakan sebaran terang (lightness) dan gelap (darkness) dalam suatu citra. Citra dengan kontras rendah dicirikan oleh sebagian besar komposisi citranya adalah terang atau sebagian besar gelap. Citra dengan kontras yang baik, komposisi gelap dan terangnya tersebar secara merata.

 Kontur (contour)

Kontur adalah keadaan yang ditimbulkan oleh perubahan intensitas pada pixel-pixel yang bertetangga. Karena adanya perubahan intensitas inilah, maka tepi-tepi (edge) objek pada citra dapat dideteksi.

 Warna (color)

Warna adalah persepsi yang dirasakan oleh sistem visual manusia terhadap panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh objek. Setiap warna mempunyai panjang gelombang ( ) yang berbeda-beda. Warna yang diterima oleh sistem visual manusia (mata) merupakan hasil kombinasi cahaya dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Kombinasi warna yang memberikan rentang warna yang paling lebar adalah red (R), green(G), dan blue(B).

Bentuk (shape)

Bentuk adalah properti intrinsik dari objek tiga dimensi. Bentuk merupakan properti intrinsik utama untuk sistem visual manusia karena manusia lebih sering menginterpretasikan suatu objek berdasarkan bentuknya daripada elemen lainnya.

 Tekstur (texture)

Tekstur dicirikan sebagai distribusi spasial dari derajat keabuan di dalam sekumpulan pixel-pixel yang bertetangga. Sehingga, tekstur tidak dapat didefinisikan untuk sebuah pixel. Tekstur merupakan karakteristik untuk menganalisa permukaan berbagai jenis citra objek.

Dengan kaitkata , , ,

5 thoughts on “Elemen-elemen Citra Digital

  1. WWW.NINONURMADI.COM mengatakan:

    mskh ys infonya kebetulan saya nyontek di blog mas ini waktu kuis di kampus saya.. mksh .oya perbedaan

    perbedaan pengelihatan ANalog dan penglihatan digital apa iya ?

    • Eko Suwono mengatakan:

      maksud pertanyaannya gmn? klo citra/gambar digital ato analog saya tahu.
      citra analog itu semua citra yang tercetak pada media analog. sedangkan citra digital adalah citra yang ditampilkan pada media digital. jawaban gampangnya gitu.

      sebagai ilustrasi seperti ini :
      – kmu memfoto suatu obyek menggunakan kamera digital, hasil foto tersebut/gambar tersebut adalah citra digital.kemudian kamu memindahkannya ke komputer, nah, masih tetep aja jadi citra digital. abis itu kmu print foto tersebut ke kertas (media analog) jadilah citra/gambar tersebut menjadi citra digital.

  2. Vj Wiko AnakMak mengatakan:

    Mas Eko, mohon bantuan nya tentang deteksi wajah..?
    email : rawikoerixxx@yahoo.co.id (paper + coding ya mas)
    thanks before..!

  3. Terselubungin mengatakan:

    mokasih.. bantuin ane ngerjakaan tugas kuliah.. hhe

  4. mahisaajy mengatakan:

    terima kasih informasinya. sangat bermanfaat untuk thesis yang sedang saya kerjakan.
    salam: http://mahisaajy.web.id/blog/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: