Database Administrator


Seorang database administrator (DBA) adalah orang yang bertanggung jawab untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan dan perbaikan database. DBA sering disebut juga database koordinator database programmer, dan terkait erat dengan database analyst, database modeler, programmer analyst, dan systems manager. Peran DBA mencakup pengembangan dan desain strategi database, pemantauan dan meningkatkan kinerja dan kapasitas database, dan perencanaan kebutuhan pengembangan di masa depan. DBA mungkin juga merencanakan, mengkoordinasi dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database. Suatu perusahaan mungkin mengharuskan seorang DBA memiliki sertifikasi atau gelar untuk  sistem database (misalnya, Microsoft Certified Database Administrator).

Tugas-tugas seorang administrator database bervariasi, tergantung pada job description-nya, perusahaan, peraturan Teknologi Informasi (TI), fitur-fitur teknis, dan juga kemampuan dari DBMS yang diberikan. Semua itu termasuk pemulihan setelah bencana (backups and testing of backups), analisis kinerja dan tuning, pemeliharaan data dictionary, dan desain database.

Peran DBA meliputi:

  1. Pemasangan perangkat lunak baru – Ini adalah tugas DBA untuk menginstal versi baru dari perangkat lunak DBMS, aplikasi perangkat lunak, dan perangkat lunak lain yang berhubungan dengan administrasi DBMS. Penting bahwa DBA atau anggota staf IS menguji software baru sebelum pindah ke sebuah lingkungan produksi.
  2. Konfigurasi hardware dan software dengan sistem administrator – Dalam banyak kasus, perangkat lunak sistem hanya dapat diakses oleh administrator sistem. Dalam kasus ini, DBA bekerja sama dengan administrator sistem untuk melakukan instalasi perangkat lunak, dan untuk mengkonfigurasi hardware dan software agar berfungsi secara optimal dengan DBMS.
  3. Pengamanan administrasi – Salah satu tugas utama DBA adalah untuk memantau dan mengelola keamanan DBMS. Hal ini melibatkan penambahan dan menghapus pengguna, pemberian quota, audit, dan memeriksa masalah keamanan.
  4. Analisis data – DBA menganalisis data yang tersimpan dalam database dan membuat rekomendasi yang berkaitan dengan kinerja dan efisiensi penyimpanan data. Ini termasuk penggunaan indeks efektif, memungkinkan “Paralel Query” eksekusi, atau fitur khusus DBMS lainnya.
  5. Database design (awal) – DBA dapat terlibat di awal tahap desain database, hal ini bertujuan menghilangkan berbagai masalah yang mungkin terjadi. DBA tahu bahwa DBMS dan sistem, dapat menunjukkan potensi masalah, dan dapat membantu pengembangan kinerja tim dengan pertimbangan khusus.
  6. Data pemodelan dan optimasi – pemodelan data befungsi untuk mengoptimalkan sistem tata letak untuk mengambil yang paling keuntungan dari I / O subsystem.
  7. Bertanggung jawab atas administrasi perusahaan yang berhubungan dengan database dan analisis, desain, dan penciptaan database baru.
  • Data modeling, database optimasi, pemahaman dan pelaksanaan skema, dan kemampuan untuk menafsirkan dan menulis kompleks Structured Query Language (SQL) queries.
  • sistem untuk secara proaktif memonitor kinerja optimal dan kapasitas kendala.
  • Menetapkan standar dan praktik terbaik untuk SQL.
  • Berinteraksi dengan dan pelatih pengembang di SQL scripting.

bidang study yang relevan untuk menjadi DBA adalah ICT (information and communication technologi) atau pelatihan langsung dari vendor seperti ORACLE, Microsoft, dll.

karir ini menarik untuk seseorang yang memiliki spesifikasi di bawah ini🙂 :

• ternarik dengan kompleksitas teknologi database, dan memiliki pengetahuan tentang teknologi database relasional (misalnya, Oracle, Sybase, DB2, MS Access) dan sistem operasi
• memiliki interpersonal dan keterampilan komunikasi yang baik
• memiliki kemampuan untuk memahami data dan bagaimana penggunaannya
• memiliki manajemen proses yang baik dan kemampuan pemecahan masalah
• dapat bekerja dalam tim dan mengambil bagian dalam meneruskan pendekatan, tetapi juga dapat bekerja secara mandiri
• fokus pada konsumen
• memiliki kemampuan troubleshooting yang baik- menentukan penyebab kesalahan operasi dan memutuskan apa yang harus dilakukan tentang itu
• pemikir kritis dan bisa menggunakan logika dan alasan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari alternatif solusi, kesimpulan atau pendekatan terhadap masalah-masalah
• pendengar aktif dan dapat memberikan perhatian penuh pada apa yang orang katakan dan meluangkan waktu untuk memahami poin yang dibuat.

Remunerasi dan prospek pekerjaan?
Gaji rata-rata untuk DBA yang saya dapatkan diinternet, “di Australia, negara bagian victoria”  adalah AUD 71.596 didasarkan pada sekitar tiga tahun pengalaman IT yang relevan. kalau di Indonesia ????..hahahaha.. Prospek pekerjaan ini baik, dan lapangan kerja tetap stabil selama lima tahun terakhir.

Dengan kaitkata , , ,

62 thoughts on “Database Administrator

  1. wiwing mengatakan:

    allow om, ku mau nanya nih…
    misalkan ada kasus gini.
    ada suatu perusahaan yang sedang pada masa stabilnya, tiba2 ada suatu bencana mis aja ada kebakaran ato gempa dmn bencana ini mengakibat kan database perusahaan ini kehilangan peformanya. nah d sni tugas dr DBA gmn y??
    harus mulai dr mn DBA itu untuk mengembalikan peforma database perusahaan nya…

    thx sbelumnya om

  2. paksi mengatakan:

    maaf om saya punya pertanyaan..Sebuah organisasi memiliki satu Database Administrator (DBA) untuk mengatur dan mengelola 20 server database. DBA ini memiliki semua password dan otorisasi untuk mengakses dan melakukan apapun di server tersebut. Apakah ini situasi yang baik, mengenai keamanan database?

    • Eko Suwono mengatakan:

      kalo menurut saya masih kurang, biasanya dalam suatu sistem selain ada admin juga harus ada control access, biasanya dari IT Security. sangat riskan sekali jika hanya mengandalkan satu orang DBA untuk servernya cukup banyak (20 server). Apalagi jika server2 DB tersebut merupakan server production dan sangat critical buat keberlangsungan perusahaan. secara availability DBA sendiri juga rawan, misal DBA tersebut resign, sakit, atau terjadi apa2 terhadapnya. jadi, harus tambah it security dan tambah DBA🙂

  3. bobby mengatakan:

    selamat sore om .,.,.,
    saya mau tanya ni ,.., ?
    saya mau buat laporan pkl saya dengan tema database administrator tapi saya bingung apa yang harus saya lakukan untuk tahap awal .,.,
    makasih om jawabany ny !!

    please bales om ,..,.,
    lewat email boleh

  4. Dian Wijayanti mengatakan:

    selamat sore Mas Eko,perusahaan kami membutuhkan seorang DBA untuk dihire sebagai permanen,apakah Mas Eko ada referensi teman yang berminat?terima kasih

  5. idin riyanto mengatakan:

    mas, skill yang di perlukan untuk menjadi seorang DBA itu ap aja yah?

    reply via email ya.. makasih

  6. citra mengatakan:

    mas
    q mau nanya,q dpt lwongan kerja ni jd admin database
    sdangkan q gk ngerti bgt ttg database,
    langkah awal ap yg hrus q lkukan or ketahui?
    skill yg d btuhkan ap?
    terimahkasih
    replay lwt email aj

  7. obi mengatakan:

    siang mas eko,
    sama seperti halnya pertanyaan mba citra, blh kah kasih pencerahaannya, krim via email , thnks before ;D

  8. Meutia mengatakan:

    Dear Pak Eko,

    Pekerjaan saya menggunakan TOAD Oracle,apakah berarti sy sudah termasuk seorang DBA? Oya Pak, klo boleh pengen diskusi via email ya Pak.. Thx..

  9. Adi mengatakan:

    mas, boleh minta juga jawaban dari sdr.Citra..
    cukup tertarik nih untuk menekuni tentang DBA..

  10. marisa mengatakan:

    mas saya trtatik dgn pertanyaan sdr.Citra,,tolong di share ya..Pngn jadi DBA.

    email aja ya mas. thnx

  11. marshal Samos mengatakan:

    Assalamualaikum
    Om saya sekarang sedang kuliah jurusan IT di salah satu Universitas swasta di Indonesia, saya masih mahasiswa baru. Saya ingin sekali menjadi seorang DBA langkah apa ya om yang harus saya lakukan untuk menjadi seorang DBA yang baik dan mempunyai kemampuan? Terimakasih om… jawabannya kirim lewat email saja ya🙂

  12. KEBOT mengatakan:

    mas boleh saya juga dapat jawaban dari pertanyaan sdr.citra? terima kasih sebelumnya

  13. iloe mengatakan:

    mas…..dikantor saya tiba2 disuruh jadi DBA…padahal saya tidak tau sama sekali tentang DBA…..menurut mas….apa yang harus saya pelajari…….??? mohon pencerahanx….ada pin bbx ga mas???

  14. ayudia mengatakan:

    slamat sore mas.. aku juga pertanyaannya sama dgn saudari citra.. apa yang pertama kali perlu aku lakukan dan aku ketahui kalo aku jadi DBA? mksh mas.. reply via email ya mas..

  15. Selamat siang, mas, pertanyaanku juga sama dengan saudara citra, boleh dikirim via email ya mas. Terima kasih

  16. Reina mengatakan:

    aq jga mau dong mas penjelasan ttg yg sist citra tanyakan

  17. melda mengatakan:

    sore mas eko,
    kenalkan aku melda
    mau dong jawaban idin riyanto dan citra,
    soalnya aku pengen belajar ney…
    maaf telat gabung,
    tks b4. mas Eko
    Sukses selalu

  18. retno mengatakan:

    Salam kenal Mas Eko
    Mau juga dong balasan untuk mbak citra…
    minta dikirim lewat imel ya
    thx

  19. widargo mengatakan:

    malam master eko,
    saya mahfud kalau boleh share saya minta materinya untuk manajemen databasenya
    saya minat belajar belajar tentang ilmu database
    matur nuwon

    • Eko Suwono mengatakan:

      salam kenal Mas Mahfud,

      untuk materi database sendiri sudah tersedia banyak di internet. silakan cari digoogle dan dipelajari. nanti jika ada yang ditanyakan Saya dengan senang hati akan membantu. materi database terlalu luas, jadi lebih enak jika membahasnya kasus per kasus saja..

  20. sefryan mengatakan:

    Mas saya mau nanya, kebetulan saya kuliah yang dimana penjurusannya adalah database development dimana yang dipelajari adalah berkaitan dengan migrasi data, pemograman basis data, pemrosesan data xml, sql, apakah tipe pekerjaan yang pas untuk saya kedepannya, lalu apakah banyak perusahaan yang membutuhkan? terimakasih dikirim ke email saja mas eko🙂

  21. Sefryan Azvy mengatakan:

    mas saya mau nanya, kebetulan saya kuliah di penjurusan database development ,dimana saya mempelajari sql, pemograman basis data, migrasi data,pl/sql, pemrosesan data xml, apakah dengan mempelajari mataa kuliah itu saya sudha bisa melamar sebaga dba nantinya kalau sudah lulus? atau ada pekerjaan lain terkait database yang bisa saya jalani? mohon pencerahannya mas eko salam kenal sebelumnya saya ucapkan

    -terimakasih-

  22. mas, saya juga minta hal apa yang aja yang harus dipersiapkan untuk menjadi DBA

  23. mas kirimib hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk dapat menjadi DBA.. kirim ke reinhardhasian4@gmail.com

    terima kasih

  24. Dewa mengatakan:

    salam mas eko
    saya bekerja di perusahaan konsultan bagian database, tugas saya adalah memeriksa database klien,tugas utamanya adalah “cek input proses”, “validasi Output “, sama ” testing Aplikasi “,namun karena divisi saya adalah divisi baru dan belum memiliki job desc, saya di suruh untuk menulis tahapan2 pengerjaan tiga tugas saya,padahal saya juga belum paham proses pemeriksaannya yang sesuai standar itu seperti apa karena saya juga karyawan baru, jadi mohon bantuannya mas kira2 tahapan pengerjaan untuk tugas2 saya di atas gmn ya?

  25. Donald Abdee mengatakan:

    mas, boleh minta juga ga jawaban dari mbak Citra?
    pgn nih menekuni tentang DBA..

  26. Puji mengatakan:

    siang mas eko,
    sama seperti halnya pertanyaan mba citra, blh kah kasih pencerahaannya, krim via email , thnks before ;D

  27. arbeis mengatakan:

    mas saya mau juga dunk jawaban yg ditanyain temen2 diatas in saya juga ditawarin jadi DBA apa yg terlebih dahulu saya pelajari..makasih krm lewat email aja ya thanks sebelumnya

  28. Jona Arista mengatakan:

    Selamat sore mas eko,
    Kebetulan saya tertarik sekali dengan pekerjaan menjadi seorang Database Administrator ini, dan kbetulan skrg saya sedang kuliah di jurusan IT, nah untuk menjadi DBA kira2 tahapannya itu apa saja yg harus saya pelajari ya? Sebab saya bingung harus belajar mulai dari mana dan mata kuliah apa yg kira-kira dapat membantu saya dalam memperdalam menjadi DBA ini ya? Kalau bisa dibalas via email saja ya mas😀

    Terimakasih

  29. Prima Syahputra mengatakan:

    mas saya mau tanya pertanyaan saya hampir sama dengan mas marshal Samos saya juga baru lulus dan saya mau menjadi seorang dba microsoft bagaimana tahapan2 yang harus saya jalani ya?kalau saya mau training dba dimana ya tempat yang pelatihannya bagus, terimakasih sebelumnya🙂

  30. Didit Serva mengatakan:

    mas saya mau nanya, apakah DBA di sebuah perusahaan biasa sama softwarehouse itu sama ??
    balas email saja,
    Terima KAsih

  31. kezia mengatakan:

    kalau kita ingim membuat geustbook apa kita harus mahir dalam menggunkana PHP?

  32. John mengatakan:

    Hi, saya yang akan lulus dari peminatan Database di tahun depan, kira-kira bagi yang tidak ada pengalaman bagaimana menghadapi pekerjaan kedepannya ya? kira-kira bagi yang fresh graduate akan dikasih job apa? thanks

  33. dseedzgmf mengatakan:

    sya jg mu jd dba tp sy cma ngertinya query sql ja mohon pencerahannya

  34. angnasirWeb mengatakan:

    Salam knal…
    mungkin,.ini beda dgan pertanyaan2 sebelumnya,..saya ada kesempatan mengajar,..ya tentang DBA,…harus gmana,..materinya,…SAPnya membingungkan,…mhn pcrahanya via e-mail,mas..

  35. rani rizki rara mengatakan:

    Assalamualaikum ..pak saya boleh minta jwban seperti yg ditnyakan ka citra ..sya butuh skli ditunggu jwbnnya lewat email ..trimksih ..sukses selalu pak

  36. jatnika mengatakan:

    mas mhon pencerahannya apa yang pertama harus disiapkan mempelajari lebih dlam, untuk jadi DBA tu mohon pencerahannya apakah hrus paham tentang ORACLE..?

  37. Zhabel mengatakan:

    Salam kenal mas eko,
    Sedang searching2 di embah gugel nemu artikel ini, yg setelah saya baca sepertinya sangat membantu. Akan tetapi saya belum tau neh apakah berbeda atau saling terintegrasi dengan header artikelnya.
    Jadi bgini mas, saat ini saya dapat tugas kuliah mengenai analisa database akan tetapi untuk menganalisa suatu database saya masih bingung seperti apa bentuk laporan2 seorang analisa database dan sisi apa saja yg dapat di analisa, mohon pencerahannya seperti apa ya menganalisa database dan bagaimana bentuk report2 analisa databasenya ? Tolong reply ke email mas.. Terima kasih banyak

Tinggalkan Balasan

