What Linux is?


postingan ini ga terlalu berarti buat temen2 yang sudah terbiasa menggunakan OS linux. tapi mungkin ini dapat membantu temen2 yang baru saja terjun dan terjerembab di dunia linux. OK, selamat datang…🙂

sebelum kita masuk lebih jauh ke dunia linux, harusnya kita tahu dong apa yang dimaksud dengan linux itu, sejarah, dan juga gambaran umum tentang linux itu sendiri. ok mari kita bahas satu per satu…

Apa sih Linux itu?

1. Linux itu ya sistem operasi, sama halnya seperti sistem operasi yang lain. contohnya : Microsoft windows , Mac OS, Unix, dll.

2. Gratis, kita tidak harus membayar untuk menggunakan OS ini. tidak seperti OS lain seperti Windows, MacOS atau versi Unix yang komersial.

3. Mirip dengan Unix, unix adalah OS yang sudah cukup lama, sekarang sudah berusia sekitar 35 tahun. pada tahun 1964 OS ini disebut MULTICS (Multiplexed Information and Computing System) yang telah dikembangkan di  Bell Labs, MIT & General Electric.

4. Open Source, Linux dikembangkan di bawah GNU Public License. open source sering juga disebut “copyleft”, untuk membedakanya dengan copyright.  siapa aja dapat dengan bebas mendapatkan source code, mengubahnya, mengembangkannya, dan sebagainya. hanya ada sedikit batasan yaitu, jika ngana telah mengubah programnya, maka ngana harus membuat perubahan tersebut tersedia untuk setiap orang.

yang mengembangkan linux untuk kali pertama adalah Linus Torvalds pada tahun 1991. dia mempelajari Unix di universitas, ketika dia menggunakan Minix (versi yang lebih mungil dari Unix yang digunakan di lingkungan akademik). tetapi Minix memiliki byk keterbatasan. jadi Dia ngembangin Minix versinya sendiri yang sekarang kita kenal sebagai Linux. Linux sudah open source sejak awal dibuatnya.

Nah, sekarang gmn nich cara ngedapetin linux… kita bisa aja nyari di internet kemudian nge-downloadnya. atau qta juga bisa pesen CD instalasinya. berikut ini beberapa link ke distributor linux :

Red Hat Linux: http://www.redhat.com/
SuSE Linux: http://www.suse.com/
Mandrake Linux: http://www.mandrakesoft.com/
Caldera Linux: http://www.calderasystems.com/
Debian GNU/Linux: http://www.debian.org/
Slackware Linux: http://www.slackware.com/

sumber : http://www.freeos.com/guides/lsst/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: